Connect with us

Membuat Kandang Ayam Dari Jaring Paranet

Membuat Kandang Ayam Dari Jaring Paranet

Tips Ayam

Membuat Kandang Ayam Dari Jaring Paranet

Membuat Kandang Ayam Dari Jaring Paranet

Kandang ayam merupakan salah satu faktor utama keberhasilan anda sebagai seorang peternak ayam. Dengan adanya kandang yang bagus, tentunya ayam yang kita pelihara akan nyaman dan aman dari segala gangguan. Apalagi sebagai seorang peternak yang ingin memelihara banyak ayam sekaligus, maka tentunya anda memerlukan kandang yang lebih baik lagi.

Sebagian peternak beropini bahwa membudidaya ayam harus menggunakan kandang yang kokoh serta tahan lama. Opini tersebut tentunya tidak salah gan, namun kandang yang kokoh tersebut lebih tepatnya untuk peternak yang membudidaya ayam dengan jumlah yang banyak.

Namun bila ingin menghemat biaya dalam pembuatan untuk ayam yang berjumlah tidak lebih dari 10 ekor. Maka anda bisa menggunakan jaring paranet untuk membuat kandang ayam tersebut.

Kandang Ayam Dari Jaring Nilon Atau Paranet

Kandang jaring merupakan salah satu alternatif pembuatan kandang semi permanen yang cukup direkomendasikan. Ukuran dari jaring tersebut tidaklah lebih 5cm jadi jaring ini bisa dibuat menjadi sekat antar blok kandang. Tentunya dalam penggunaan jaring ini diperlukan alat bantu yang terdiri dari paku dan belahan bambu.

Untuk ayam kecil, jaring yang bisa digunakan adalah jaring yang memiliki lubang 2cm, namun untuk ayam dewasa, bisa menggunakan jaring 4cm. Serta jaring nilon paranet ini bisa bertahan hingga beberapa tahun tergantung dari kualitas bahannya. Tentunya sebagai seorang peternak akan lebih hemat untuk urusan kandang.

Membuat Kandang Ayam Dari Jaring Paranet

Cara Membuat Kandang Jaring Paranet

Untuk membuat kandang ayam dari jaring paranet, anda bisa mempersiapkan beberapa bahan untuk memulai membuat kandang ayam. Berikut bahan – bahannya.

  1. Jaring paranet dengan ukuran lubang jaring yang sesuai keperluan.
  2. Bambu yang sudah dibilah dan panjang yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Paku dan martil.
  4. Tiang kayu untuk sudut kandang ayam dan tempat untuk memaku bambu.

Bambu yang sudah dibelah serta diukur dengan panjang yang sudah dipastikan. Jaring kita dibentangkan serta pada sisi-sisinya dikasih bambu 2 bilah serta jaring ditempatkan pada tengahnya bambu serta dipaku. Sesudah usai bambu itu terpasang pada tiang serta dipaku supaya tidak terlepas.

baca juga : Beberapa Model Kandang Anak Ayam Bangkok

Keuntungan Menggunakan Jaring Paranet Sebagai Kandang Ayam

Keuntungan dalam penggunaan jaring ini sebagai kandang ayam adalah harganya yang cukup relatif murah daripada kandang permanen. Jadi sebagai seorang peternak bisa menggunakan opsi kandang jaring ini untuk kandang sementara untuk ayam DOC. Kandang jaring ini adalah kandang semi permanen yang bisa anda bongkar pasang agar lebih menghemat lahan yang terbatas.

Jadi sangat direkomendasikan untuk anda yang memerlukan kandang semi permanen ini untuk ayam yang belum dewasa. Tentunya untuk anda yang ingin mencoba menggunakan jaring ini sebagai kandang. Maka anda harus memastikan wilayah dimana anda berada tidak terlalu banyak hewan penggangu ayam seperti musang dll. Bila terdapat musang, maka sebaiknya anda membaca artikel kami yang berjudul : Melindungi Ayam Kesayangan Dari Serangan Musang.

Demikian juga artikel tips ayam ini yang mungkin saja membantu anda dalam ternak ayam. Salam hobi ayam..

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips Ayam

Advertisement banner ads ads taruhanslot.fun banner pakan ayam banner bv

Trending

ads promo bolavita
To Top