Connect with us

Tips Mencegah Ayam Saling Bertarung Dalam Kandang

Tips Mencegah Ayam Saling Bertarung Dalam Kandang

Tips Ayam

Tips Mencegah Ayam Saling Bertarung Dalam Kandang

Tips Mencegah Ayam Saling Bertarung Dalam Kandang

Sebagai seorang penghobi ayam aduan, ada kalanya kita pingin menambah seekor ayam laga jenis lainnya sebagai koleksi. Tentunya dalam mengambil keputusan menambah ayam aduan, anda bakal mendapatkan masalah seperti ayam saling bertarung dalam kandang maupun saat dilepas dengan ayam laga lainnya. Lalu bagaimana sih cara agar ayam tidak saling bertarung dalam kandang ? Bila anda mencari jawabannya, mari kita baca artikel ini hingga usai gan.

Tentunya bila ayam sudah saling bertarung, maka akan berdampak kepada kesehatan serta fisik ayam aduan. Tentunya kedua ayam bakal terdapat luka luar dalam akibat pertarungan tersebut. Bahkan terdapat kemungkinan salah satu ayam bakal mati dalam kandang ayam. Maka dari itu, anda harus memahami hal ini dengan seksama gan.

Langkah Aman Agar Ayam Tidak Bertarung Dalam Kandang

Tips Mencegah Ayam Saling Bertarung Dalam Kandang

Tempatkan Ayam Ke Kandang Yang Berbeda ( Satu Area Tetap )

Maksudnya adalah letakkanlah ayam yang baru anda beli di kandang yang dekat dengan ayam lama. Kalau bisa kandangnya saling bersampingan, agar ayam dapat melihat satu sama lain. Pisahlah kedua ayam yang saling bertarung tersebut hingga 2 minggu, lalu cobalah lepaskan kedua ekor ayam tersebut dan lihatlah pergerakan dari kedua ayam tersebut.

Tapi anda harus melakukan pengamatan lama agar kedua ayam terlihat akur dan tidak akan bertarung lagi. Bila anda rasa kedua ayam sudah saling bertatapan dan sudah membuka bulu nya, maka segeralah pisah kedua ayam tersebut. Kandangkan lah kedua ayam tersebut 1 minggu lagi, lalu lakukan hal itu hingga kedua ekor ayam tersebut rukun.

baca juga : Tips Merawat Ayam Aduan Di Masa Pandemi Korona

Pisahkan Kedua Ayam Tersebut Ke Tempat Umbaran Yang Berbeda

Selain poin diatas, anda juga harus pisahkan kedua jenis ayam tersebut di tempat umbaran yang berbeda. Hal ini bisa mencegah ayam saling bertatapan. Sehingga kedua ayam tidak stress dan sering bertarung satu sama lain.

Umbar Secara Bergantian

Cara ini cocok bagi anda yang memiliki lahan pas pas an. Anda bisa melakukan cara ini dengan membagi waktu ayam di umbar, misalnya ayam lama diumbar dari jam 10 siang hingga jam 12. Lalu umbarlah ayam baru jam 12 siang hingga jam 2 siang. Dengan membagi waktu umbaran ayam, maka ayam akan lebih leluasa walaupun anda tidak memiliki lahan yang luas.

Nah itulah beberapa tips untuk anda yang baru saja membeli ayam aduan baru untuk koleksi anda. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu anda ya gan. Terima kasih salam satu hobi..

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips Ayam

ads promo bolavita
To Top

main sabung ayam dengan pulsa