Connect with us

Tips Merawat Anak Ayam Agar Sehat

Tips Merawat Anak Ayam Agar Sehat

Tips Ayam

Tips Merawat Anak Ayam Agar Sehat

Tips Merawat Anak Ayam Agar Sehat

Setelah anda memutuskan untuk menjadi peternak ayam, anda tidak bisa hanya memfokuskan diri kepada ayam indukan saja. Namun anda harus membagi waktu untuk merawat telur – telur berkualitas yang nantinya akan menjadi anak ayam.

Apalagi untuk saat ini memelihara anak ayam memiliki resiko kematian yang besar dibandingkan dengan indukkannya. Tentunya poin perawatan ayam akan sangat dibutuhkan para peternak dalam menjalankan bisnisnya. Dalam artikel ini, kami bakal memberikan tips perawatan kepada ayam yang bisa anda serap sebagai pengetahuan. Mari ikuti artikel kami gan.

Tips Memberikan Perawatan Kepada Anak Ayam

Tips Merawat Anak Ayam Agar Sehat

Memilih Bibit Yang Berkualitas

Beberapa peternak yang masih belajar memilih anak ayam berdasarkan hati nya ataupun faktor kelucuan dari unggas tersebut. Namun hal tersebut harus anda hindari agar anda tidak merugi dikemudian harinya. Kami rekomendasikan anda memilih ayam berdasarkan kualitas, serta memilih anak ayam yang sesuai dengan tujuan peternak.

Untuk anda yang ingin ternak ayam petelur, maka anda bisa memilih anak ayam yang bernama ayam Orpington. Jikalau ingin ternak ayam pedaging, maka anda bisa memilih ayam plymouth rock serta Sussex. Bila ingin menernak ayam dwiguna, maka anda bisa mencari ayam dengan nama, Australorp, Rhode Island Red dan New Hampshire chicken.

Seperti apa ciri dari ayam yang berkualitas? berikut kami uraikan kepada anda.

  1. Memiliki bulu yang tidak kotor, atau bersih.
  2. Bagian dubur ayam bersih tanpa feses tertinggal ( bila ada, bisa menjadi indikasi ayam tersebut mengalami penyakit pullorum )
  3. Tidak terdapat cacat di bagian sayap maupun kaki.
  4. Tidak diam, alias bergerak secara terus menerus serta berkokok terusan.
  5. Bagian kepala yang berbentuk normal tanpa cacat apapun.

Memelihara Ayam Lebih Dari Satu Ekor

Ayam merupakan unggas yang diketahui hidup bergerombol. Maka dari itu, sebaiknya anda beli ayam lebih dari 5 ekor agar ayam tidak merasa kesepian dan stres.

Selain untuk membuahkan ayam yang banyak, hal ini pula untuk menfasilitasi rutinitas bergerombol dari ayam tersebut. Dengan mempunyai anak ayam yang banyak pula memperhitungkan ada anak ayam yang mati.

Suhu Kandang Yang Stabil

Anak ayam memiliki kondisi fisik yang belum sempurna kuatnya. maka dari itu anda harus memperhatikan suhu kandang agar tetap stabil. Apalagi ayam yang baru saja menetas, kondisi suhu dalam telur dan diruangan akan sangat berbeda, jadi ayam membutuhkan adaptasi.

Untuk stabilkan suhu pada sekeliling ayam yang baru menetas tersebut dengan menggunakan brooder. Anda bisa membelinya di toko peralatan ternak maupun membuat sendiri.

Menggunakan Alas Yang Tepat Untuk Anak Ayam

Selain dari brooder, anda harus memerhatikan alas untuk injakan anak ayam. Litter atau alas lantai untuk kandang ayam ini berfungsi untuk menyerap air serta untuk menimalisikan lepuh pada kaki serta dada ayam.

Tidak hanya itu, namun litter juga berfungsi agar kandang terjaga kehangatannya. Pilihlah litter yang berfungsi baik dalam menyerap air atau anda bisa menggunakan serbuk kayu sebagai alas dari kandang ayam tersebut.

Pakan Dan Vitamin Anak Ayam

Berikan pakan anak ayam yang berkualitas dan bermutu terjamin. Harus anda perhatikan lagi untuk jam pemberian agar pakan ayam tersebut diolah dengan teratur oleh tubuh ayam. Serta jangan lupa untuk memperhatikan vitamin ayam yang juga berguna untuk menjaga sistem imun tubuh anak ayam tersebut. Jangan tunggu hingga anak ayam lemas dan tidak seceria dahulu, bila sudah terjadi maka sudah terlambat untuk memberikan vitamin ayam tersebut.

baca juga : Meracik Pakan Ayam Bernutrisi, Mudah Dan Murah

Demikian juga artikel peduliayam kali ini, semoga dapat membantu anda dalam mencari informasi seputar anak ayam. Terima kasih..

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips Ayam

ads promo bolavita
To Top