Connect with us

Tips Ternak Ayam Joper Rekomendasi Peduli Ayam

Tips Ternak Ayam Joper Rekomendasi Peduli Ayam

Tips Ayam

Tips Ternak Ayam Joper Rekomendasi Peduli Ayam

Tips Ternak Ayam Joper Rekomendasi Peduli Ayam

Pastinya sebagai peternak ayam pemula, anda sudah mengetahui ataupun pernah mendengar ayam joper. Namun tahukah anda bahwa saat ini ayam joper sedang dalam masa naik daun serta trending dikarenakan mulai diminati oleh banyak peternak indonesia. Hal ini dikarenakan ayam joper yang memiliki jangka waktu panen yang cepat serta akan sangat menguntungan.

Ayam jago super atau ayam joper ini merupakan silangan antara kedua ayam yang memiliki kualitas tinggi. Indukan ayam joper yang pertama merupakan ayam kampung berkualitas yang memiliki daging kualitas tinggi. Untuk indukan keduanya, adalah ayam boiler yang terkenal akan daging padat dan gemuk serta masa pertumbuhan yang singkat.

Untuk anda yang penasaran dengan tips membudidaya ayam joper ini, kami sarankan anda membaca artikel ini hingga usai gan. Yuk bersama membaca artikel ini..

Hal Penting Dalam Memulai Ternak Ayam Joper

Tips Ternak Ayam Joper Rekomendasi Peduli Ayam

Seperti yang kami ulas diatas, ayam jago super ( ayam joper ) ini tidaklah sulit untuk diternak. Namun bila anda merupakan seorang yang baru saja ingin memulai perternakan ini, kami sarankan anda untuk memerhatikan beberapa hal seperti berikut ini.

Pembuatan Kandang Dan Penempatannya

Hal pertama yang perlu dilaksanakan saat mengawali ternak ialah menyiapkan kandang yang baik serta sesuai dengan buat perkembangan ayam. Supaya ayam nyaman, karena itu sesuaikanlah ukuran kandang dengan jumlah ayam yang akan diternak.

Bila Anda kesusahan dalam tentukan dasar pengerjaan kandang, inilah beberapa contoh yang dapat dibuat referensi.

  1. Untuk ayam umur 1-6 hari, tempatkan pada kandang dengan populasi 60 ekor per m2 kandang.
  2. Untuk ayam umur 7-12 hari, tempatkan pada kandang dengan populasi 40 ekor per m2 kandang.
  3. Untuk ayam umur 13-30 hari, tempatkan pada satu kandang dengan populasi 20 ekor per m2 kandang.
  4. Untuk ayam umur 31 hari sampai panen, tempatkan pada satu kandang dengan jumlah populasi 9 ekor per m2 kandang.

Supaya sirkulasi udara bagus, letakkan kandang membujur dari arah timur ke barat. Janganlah lupa untuk mengendalikan penyinaran hingga ayam tidak terganggu dengan panas matahari yang berlebihan.

Pemilihan Bibit Unggul

Supaya hasil panen yang didapatkan benar-benar memberi kepuasan, karena itu Anda harus menyiapkan bibit yang bermutu. Beberapa ciri bibit ayam joper bermutu diantaranya:

  1. Bulu bersih serta mengkilap
  2. Fisik sehat
  3. Mata cemerlang
  4. Badan tegap

Bila beberapa ciri di atas telah tercukupi, karena itu Anda bisa mulai memeliharanya. Satu panduan yang dapat dilaksanakan bila Anda ingin memperoleh ayam dengan daging tebal, pilih bibit ayam memiliki ukuran besar. Untuk memilih bibit ayam joper, baiknya anda memilih ayam yang berumur 21 hari dari penetasan.

Perawatan Harian

Untuk pemberian pakan, Anda dapat memakai pakan alami atau racikan. Supaya ayam tumbuh sehat, Anda dapat juga mengaplikasikan tutorial pemberian pakan di bawah ini:

  • Pakan Ayam

Untuk ayam DOC seharusnya jangan langsung dikasih pakan serta diamkan istirahat terlebih dulu. Sesudah keadaannya fit, Anda dapat memberinya kombinasi 1 sendok gula jawa dengan penambahan 200 ml air.

Bila ayam DOC sudah berusia empat minggu, Anda dapat memberinya voer atau BR murni.
Sesudah melalui umur empat minggu, baru ayam dapat diberi pakan padat dari mulai kombinasi bekatul, jagung, kedelai, bungkil, dan sebagainya.

Janganlah lupa untuk memerhatikan ayam joper yang dikasih pakan. Bila anda melihat ada ayam tidak nafsu makan, karena itu Anda harus siaga sebab hal itu dapat memberikan indikasi penyakit hingga memerlukan perlakuan yang tepat dan cepat.

  • Pemberian Multivitamin

Selain dari pakan ayam, pemberian vitamin menjadi bagian yang cukup penting dalam kesehatan ayam. Berikut tips untuk memberikan multivitamin kepada ayam yang bisa anda praktikan.

  1. Untuk ayam umur satu hari, beri multivitamin vitachik atau neobro medril dan air gula. Peranan dari multivitamin ini untuk jaga supaya anak ayam tidak stress serta kuat.
  2. Untuk ayam umur 4-6 hari, beri Vita stress atau Vita chick yang bermanfaat untuk meningkatkan perkembangannya.
  3. Untuk ayam umur 12-32 hari, beri Fortevit atau Vita stress untuk meningkatkan perkembangan dan menahan stress.
  • Penanganan Penyakit Ayam

Penting anda ketahui untuk penyakit yang sering menyerang ayam joper seperti : Penyakit snot, penyakit tetelo, ayam diare serta masih banyak lainnya.

baca juga : Beberapa jenis Penyakit Ayam Berbahaya Serta TIps Pengobatannya

Jika ayam mengeluarkan gejala penyakit yang kami sebutkan, maka segeralah anda memberikan perawatan khusus terhadap ayam yang menunjukkan gejala tersebut agar ayam lainnya tidak terjangkit. klik link yang kami berikan untuk penyakit tersebut untuk mendapatkan info gratis penanganan penyakit pada ayam.

  • Panen Ayam

Seperti yang kami sebut diatas, ayam joper merupakan ayam yang cepat untuk dipanen, butuh waktu 6 minggu untuk ayam mencapai 0,7 kg hingga 0,9 kg. Biasanya peternak lain, akan menernak ayam ini dalam jangka waktu 12 minggu dimana ayam sudah mencapai berat 0,9 kg hingga 1,2 kg.

Nah itulah ulasan peduliayam untuk memulai ternak ayam joper. Apakah artikel ini membantu gan ? berikan komentar anda dibawah ini ya..

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips Ayam

ads promo bolavita
To Top