Connect with us

Ayam Aduan Sulit Gemuk? Mungkin Ini Alasannya!

Ayam Aduan Sulit Gemuk? Mungkin Ini Alasannya!

Perawatan Ayam

Ayam Aduan Sulit Gemuk? Mungkin Ini Alasannya!

Ayam Aduan Sulit Gemuk? Mungkin Ini Alasannya!

Sebagai peternak ayam aduan, tentunya kita pernah mengalami berbagai permasalahan dari masalah kandang hingga ayamnya sendiri. Salah satu masalah yang banyak ditemui oleh seorang peternak adalah ayam yang kurus serta sulit untuk gemuk. Walaupun sudah memberikan segala perawatan dari pakan bergizi hingga vitamin secara intens.

Apalagi, ayam yang anda ternak merupakan ayam bangkok yang selalu di tuntut untuk memiliki tubuh gagah serta beotot. Tentunya ayam bangkok yang memiliki tubuh kecil ramping akan dicap sebagai salah satu ayam yang gagal. Bagaimana bisa disebut dengan ayam bangkok gagal, adalah ayam tersebut tentunya memiliki fisik yang kurang kuat dibandingkan ayam bangkok yang normal memiliki tubuh yang tegap serta gemuk.

Tahukah anda bahwa ayam aduan yang memiliki tubuh kurus serta sulit untuk gemuk memiliki berbagai faktor penyebabnya. Jadi untuk anda yang ingin menyelesaikan masalah ayam kurus ini, maka anda wajib mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Untuk sobat satu hobi, maka peduliayam akan memberikan beberapa penyebab dimana ayam anda sulit untuk gemuk. Mari kita baca bersama..

Ayam Aduan Sulit Gemuk? Mungkin Ini Alasannya!

Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan merupakan pemicu utama mengapa ayam aduan jadi kurus serta sulit gemuk. Penyakit cacingan akan menyebabkan ayam aduan kita mengalami kesulitan mencerna asupan makanan.

Makanan yang dikonsumsi oleh ayam yang terserang cacingan tidak bisa diserap seutuhnya oleh badan. Jadi tidaklah heran jika ayam terkena penyakit ini akan kurus.

Ciri Ayam Yang Cacingan :

  • Nafsu makan turun.
  • Ayam tiba-tiba jadi kurus.
  • Bulu ayam terlihat kusam.
  • Perkembangan jadi benar-benar lamban.
  • Langkah menangani penyakit ini dapat dilaksanakan dengan memberi obat cacing, baik obat alami atau obat kimia. Cara alami yang dapat dicoba yakni dengan memakai buah pinang.

Asupan Pakan Yang Tidak Sesuai

Selanjutnya salah satunya pemicu ayam aduan kurus yakni sebab pemberian pakan yang tidak cocok. Ayam bangkok aduan tidak sama dengan tipe ayam yang lain, dari sisi pakan ayam bangkok membutuhkan makanan yang berkualitas tinggi.

Ayam aduan memerlukan penambahan gizi supaya saat bertanding dapat bertahan dalam tempo lama. Peranan pakan sangat penting serta harus betul-betul jadi perhatian, jika memang perlu buat pakan racikan yang bermutu.

Beberapa makanan yang bagus diberi salah satunya ialah jagung, beras merah, nasi putih, konsentrat, sayuran serta gabungan pakan yang lain.

Keturunan Dari Indukan

Pada intinya tiap ayam memiliki ukuran yang berlainan, bentuk badan benar-benar dikuasai oleh unsur turunan. Jadi jika ayam aduan kecintaan anda kurus, kemungkinan ini salah satunya pemicunya,

Untuk contoh, induk ayam serta jago pejantan kurus, dapat jadi beberapa anak yang dihasilkan akan sama.

Seharusnya pilih induk serta jago yang sesuai dengan saat ingin mengawinkan ayam agar hasilnya bagus. Gen turunan mempunyai impak yang kuat pada ciri fisik, style bertanding serta mental ayam aduan.

baca juga : Kandungan Penting Yang Harus Terdapat Pada Pakan Ayam

Ayam Aktif Bergerak

Ayam sulit gemuk juga bisa karena ayam sangat aktif dalam bergerak. Karena kebanyakan bergerak lemak yang menolong proses penggemukan akan habis terkuras.

Karena itu tidaklah heran jika banyak peternak yang makin senang masukkan ayam ke kandang bok saat proses penggemukan.

Ditambah lagi untuk ayam lancuran atau ayam muda, jika diletakkan di kandang serta dikasih pakan dengan teratur rasa-rasanya bertambah cepat besar. Benar-benar tidak sama dengan ayam yang dilepaskan di halaman.

Dikarenakan Ayam Dalam Masa Perkawinan

Kemungkinan anda sering bingung mengapa ayam aduan yang hidup di luar kandang tiba-tiba kurus. Anda harus tahu, saat ayam hidup bebas, sering mereka lakukan perkawinan.

Proses perkawinan ini dapat menyebabkan pengurangan berat tubuh, khususnya ayam pejantan. Ditambah lagi jika ayam jago masih berumur muda, jelas efeknya dapat kelihatan jelas.

Penyebabnya sejumlah besar botoh tidak lakukan proses perkawinan untuk ayam aduan yang seringkali dibawa ke ajang. Tidak cuma jadi kurus, perkawinan dapat juga turunkan kualitas tempur ayam bangkok.

Susunan Tulang

Pada umumnya ada dua jenis susunan tulang pada ayam aduan yang wajar dikenal beberapa penggemar ayam laga. Walau opini ini masih kontroversi, tetapi ini dapat dibuat untuk fundamen mengapa ayam aduan sulit gemuk.

Ayam dengan susunan tulang kecil tidak dapat atau sulit gemuk, sebab memang bawaan lahiriah ayam. Untuk tahu susunan tulang ini bisa dilaksanakan dengan lihat sisi kaki ayam. Jika kaki ayam merit ( memiliki ukuran kecil ) karena itu dapat disebutkan dengan tulang kecil.

Ayam Mengalami Cidera

Selanjutnya pemicu yang paling akhir mengapa ayam aduan sulit gemuk yakni karena pernah merasakan cidera. Tidak dapat disangkal jika ayam yang terdapat cacat maka perkembangannya akan terganggu.

Untuk contohnya, anak ayam yang pada saat kecil sempat terluka atau sempat patah tulang. Mengakibatkan ayam tidak dapat tumbuh dengan cara maksimal serta saat dewasa juga ukuran ayam sedikit makin bertambah.

Nah itulah beberapa penyebab mengapa ayam aduan kita kurus menerus.. semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengais informasi tentang ayam aduan. Terima kasih sudah membaca..

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Perawatan Ayam

ads promo bolavita
To Top

main sabung ayam dengan pulsa