Connect with us

Beberapa Jenis Obat Alami Mengatasi Ayam Diare

Beberapa Jenis Obat Alami Mengatasi Ayam Diare

Penyakit Dan Pengobatan

Beberapa Jenis Obat Alami Mengatasi Ayam Diare

Beberapa Jenis Obat Alami Mengatasi Ayam Diare

Semakin terlihat efek samping atau negatif akibat penggunaan obat kimia pada ayam. Membuat para penggemar ayam aduan ataupun hobi ayam mulai berdalih ke obat herbal atau obat alami dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit unggasnya.

Saat ini obat herbal banyak digunakan serta perguruan tinggi mulai banyak melakukan riset pemakaian herbal untuk di terapkan pada ayam serta ternak yang lain. Hasilnya juga bermacam, tetapi umumnya memberikan obat herbal dapat meningkatkan kualitas ayam. Satu diantara penyakit yang bisa dicegah atau diobati dengan obat herbal ialah diare pada ayam aduan.

Bila ayam aduan mengalami diare, biasanya dapat dilihat dari feses ayam. Feses ayam akan terlihat encer putih atau hijau, tidak berwarna coklat pada umumnya. Penyebab diare ini terjadi karena adanya infeksi pada sistem pencernaan ayam yang biasanya diakibatkan oleh bakteri serta cacing.

Bakteri salmonella pullorum atau cacing Ascaridia Galli mengakibatkan peradangan atau infeksi pada skema pencernaan ayam. sehingga terjadi penyusutan pada berat badan tubuh. Untuk mengobati penyakit diare yang disebabkan bakteri atau cacing ini, dibutuhkan antibiotik.

Untuk anda yang memiliki ayam aduan namun sedang terserang diare. Anda bisa menggunakan beberapa obat alami untuk mengatasi diare pada ayam. berikut adalah antibiotik alami yang bisa anda gunakan gan.

Antibiotik Alami Mengatasi Diare Pada Ayam Aduan

Beberapa Jenis Obat Alami Mengatasi Ayam Diare

Bawang Putih

Antiparasit pada bawang putih untuk ayam yang diare karena cacing diawali oleh allicin yang dapat tembus dinding sel cacing yang tersusun dari fosfolipid. Setelah tembus dinding sel, dalam hal ini diallyl sulfida, bereaksi dengan enzim-enzim yang mempunyai kandungan sulfuhydril yang membuat membran sel yang menyebabkan formasi dinding sel cacing akan rusak dan lisis.

Terdapatnya allicin tersebut perubahan bakteri dapat dihambat dan proses kemudian mengakibatkan berlangsungnya kematian bakteri Salmonella pullorum atau sejenisnya. Saponin yang ada pada bawang putih berupa antibakteri dengan naikkan permeabilitas membran sel bakteri sampai dapat mengubah formasi dan fungsi membran, menyebabkan denaturasi protein membran sampai membran sel bakteri akan rusak.

Pemberian bawang putih dapat dilakukan dengan 2 cara yang seperti berikut ini:

  • Pemberian potongan bawang putih pada ayam dengan manual. Bawang putih dikupas dari kulitnya selanjutnya dipotong kecil-kecil, setelah itu disuapkan pada ayam.
  • Membuat serbuk bawang putih yang setelah itu campurkan ke ransum ayam. Serbuk bawang putih didapat lewat beberapa proses. Sebelumnya dikerjakan pengupasan kulit luar lalu bawang diris-iris tipis. Potongan bawang putih dijemur yang awalnya sudah dilapis plastik hitam tipis untuk selanjutnya dijemur dibawah cahaya matahari sampai kering. Tambahkan kunyit serta bawang putih yang sudah kering, lalu digiling untuk dibuat serbuk dengan blender atau mesin grinder. Selanjutnya dikerjakan pengayakan, untuk memisahkan bahan padatan serta cuma yang memiliki ukuran kecil yang akan digunakan.

Akar Jeruk Nipis

Mengambil akar jeruk nipis untuk diproses menjadi ramuan herbal yang dapat mengobati penyakit. Akar jeruk nipis cukup ampuh menyembuhkan penyakit itu. Gunakan akar jeruk nipis seperlunya serta bersihkan lebih dulu sebelum diproses. Akar jeruk nipis yang telah bersih langsung bisa direbus dengan air bersih sekitar 2 gelas serta biarlah sampai airnya mendidih hingga menjadi satu gelas. Berikan ramuan tersebut kepada ayam 1x setiap hari.

Akar Bayam Duri

Pertama – tama sediakan akar bayam duri serta gula enau, selanjutnya bersihkan akar bayam duri. Kemudian rebus akar bayam duri serta imbuhkan gula enau, rebus hingga mendidih. Selanjutnya bahan tersebut diangkat setelah air rebusan tersebut sisa setengah. Minumkan ramuan itu sebelum ayam aduan makan serta janganlah lupa untuk memberikan ramuan itu dengan teratur sampai diare ayam benar – benar pulih.

Nah itulah beberapa obat ramuan mujarab dari para botoh tua untuk mengobati ayam diare. Semoga bermanfaat artikel dari penyakit dan pengobatan kali ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Penyakit Dan Pengobatan

Advertisement banner ads ads taruhanslot.live banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 58 pelanggan lain

To Top

main sabung ayam dengan pulsa