Connect with us

Info Ayam Hias: Ayam Kukuak Balenggek

Info Ayam Hias: Ayam Kukuak Balenggek

Info Ayam Hias

Info Ayam Hias: Ayam Kukuak Balenggek

Info Ayam Hias: Ayam Kukuak Balenggek

INFOAYAMHIAS-PEDULIAYAM

Mendengar nama dari ayam kukuak balenggek mungkin masih asing untuk telinga anda sebagai penggemar ayam hias. Popularitasnya masih dibawah ayam pelung dan ayam ketawa, Walaupun sesama jenis ayam hias yang khusus di nikmati suara kokok-kannya. Kurangnya informasi tentang ayam ini membuat kukuak balenggek banyak yang tidak mengetahuinya, walau sebenarnya potensinya tidak kalah dari dua jenis ayam hias itu.

Akhir-akhir ini, di beberapa situs online sering ditawarkan ayam kukuak balenggek (silahkan tunjukkan dengan menelusuri google, dengan masukan kata pencarian “ ayam kukuak balenggek ” atau “ ayam balenggek ”. Ini menunjukkan ayam ini mulai disukai masyarakat +62, hampir menyamai ketenaran dari ayam tertawa waktu lalu.

baca juga artikel : Info Ayam: Ayam Pelung Asli Jawa Barat

Mengenal Lebih Semua Tentang Ayam Balenggek

Info Ayam Hias: Ayam Kukuak Balenggek

Ayam kukuak balenggek atau kokok balenggek adalah ayam lokal di sumatera barat, yang datang dari kecamatan payung sakaki serta tigo lurah, kabupaten solok. Warga minang mengatakan balenggek yang bermakna irama yang bertingkat, atau baindiak menurut dialek ditempat. Ini sebab kokok ayam jantan mempunyai irama yang bertingkat dari mulai 3 sampai 12 lenggek. Bahkan juga ada yang dapat berkokok sampai 19 lenggek.

Suara atau kokoknya terdiri atas tiga sisi, yakni sisi depan, tengah serta akhir atau lenggek kokok. Umumnya ayam jago, contohnya ayam kampung, mempunyai kokok yang terdiri atas 4 suku kata serta suku kata yang paling akhir lebih panjang dari tiga suku kata awalnya.

Coba anda tirukan kokok ayam jantan, umumnya kan terdengar “ku.. Ku.. Ku.. Kuuuuuuuuuu….”.

Namun pada ayam balenggek, kokoknya terdiri atas 6 hingga 15 suku kata, tergantung juga dari faktor genetis, latihan dan perawatan yang diberikan. Bila kita tirukan, bila kita mengikuti suara nada kokokan dari ayam ini maka akan mendengar suku kata seperti ini:

  • 6 suku kata : ku..ku..kuuuuuuuu..ku.. Ku.. Ku..
  • 7 suku kata : ku..ku..kuuuuuuuu..ku.. Ku.. Ku.. Ku..
  • 8 suku kata : ku..ku..kuuuuuuuu..ku.. Ku.. Ku.. Ku.. Ku..
  • Dan sebagainya

Pada contoh di atas adalah kondisi yang sama dimana 3 suku kata awal terdengar “ku.. Ku.. Kuuuuuuuu…”. Nah, yang disebut dengan lenggek ialah sisi diluar itu. Bila disebut jumlahnya lenggek, bermakna jumlahnya suku kata tidak hanya 3 suku kata awal itu.

Baca juga artikel Mari Kenal Ayam Ketawa Asli Asal Indonesia Serta Jenisnya

Jenis – Jenis Ayam Hias Balenggek

Jumlahnya lenggek seringkali dipakai untuk mengatakan posisi ayam balenggek di mata penggemarnya. Contohnya ada yang disebutkan balenggek 3, itu bermakna ayam balenggek yang mempunyai 3 lenggek. Jadi kokoknya terdiri atas 6 suku kata, yakni 3 suku kata awal serta 3 lenggek. Balenggek 4 bermakna mempunyai 4 lenggek, dan sebagainya.

Semakin banyak tingkatannya, semakin bagus serta semakin mahal juga harga. Sekarang harga rata-rata seekor balenggek 9 rata-rata rp 1.500.000. Bila sudah pernah memenangkan lomba, harga semakin mahal. Ya, sama dari burung yang sering memenangkan lomba, tentu jauh tambah mahal dibanding harga market. Pada umur 6 bulan, ayam kukuak balenggek jantan mempunyai berat tubuh 1,6 sampai 2,2 kg, dengan bentuk tubuh yang seimbang, mata bersinar serta tetap siaga, gesit serta kuat. Berdasar sebagian ahli ayam balenggek, semakin besar postur tubuhnya semakin bagus juga irama lenggeknya.

Sering juga ada asumsi jika ayam dengan ciri tersendiri mempunyai kualitas bagus, atau disebutkan sebagai katuranggan ayam balenggek. Contohnya, bentuk sisik pada kaki, jumlahnya bulu sayap, panjang jari kaki, warna bulu, bentuk jengger serta pial, dan dari bentuk badannya.

Arti Berdasar Warna Bulu Serta Anggota Badan Ayam Balenggek

Info Ayam Hias: Ayam Kukuak Balenggek

Seperti ayam kampung, ayam kukuak balenggek mempunyai berbagai macam dalam warna bulunya. Dari mulai merah, kuning, putih, atau gabungan dari beberapa warna itu. Bulunya mengkilat serta mempunyai jengger tunggal ( single comb ).

Bahkan juga penamaan ayam tersebut sering didasarkan pada warna bulu, warna kaki, warna mata, dan gabungan antara beberapa warna itu. Jika orang jawa kenal ayam blorok, ayam wirang, cemani, dan lain-lain. Di bawah ini delapan nama / julukan yang sering dilekatkan pada ayam kukuak balenggek :

  • Tadung : kaki, paruh, serta mata berwarna hitam.
  • Pileh: kaki, paruh serta mata berwarna putih.
  • Jalak: kaki, paruh serta mata berwarna kuning.
  • Kurik : kaki, paruh serta mata berwarna lurik.
  • Putih : semua bulu berwarna putih.
  • Kanso : semua bulu berwarna abu-abu.
  • Biring : kaki, paruh serta mata berwarna merah.
  • Kinantan : kaki, paruh, mata serta semua bulu berwarna putih

Ayam kukakk balenggek adalah salah satu kebanggaan untuk ranah minang yang harus kita lestarikan serta dibudidayakan. Hingga dengan bangga, pemerintah kabupaten solok juga memutuskan ayam balenggek jadi maskot fauna di wilayah tersebut.

Botohnakal juga sudah punya satu ekor ayam kukakk balenggek ini untuk koleksi gan.. Bagaimana dengan anda? berikan komentar anda di bawah ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Ayam Hias

Advertisement banner ads ads taruhanslot.fun banner pakan ayam banner bv

Trending

ads promo bolavita
To Top