Connect with us

Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Arab

Info Ayam

Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Arab

Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Arab

INFOAYAM - peduliayam

Ayam Arab terhitung dalam Ayam Petelur unggul sebab mempunyai potensi bertelur yang lumayan tinggi. Dalam produksi bertelurnya dapat membuahkan seputar 190-250 butir pertahun dengan berat rata-rata sekitar 40 gr. Warna cangkang pada telur ayam ini beragam misalnya saja putih, kekuningan serta coklat hingga terkadang ada banyak orang alami kesusahan dalam memperbedakan di antara telur ayam arab dengan ayam kampung. Dalam bertelur, prosentase Ayam Arab lebih tinggi bila dibanding dengan ayam jenis lainnya maupun ayam aduan.

Untuk membudidayakan ayam jenis petelur ini, mempunyai waktu produktif untuk membuahkan telur seputar 2 tahun. Dalam 2 tahun, waktu produktifnya terdiri jadi 4 kelompok yakni waktu bertelur dalam periode waktu 3 bulan lalu berhenti kurang lebih 15 hari. Sesudah masa interval itu akan kembali bertelur . Hingga tidaklah heran jika sebagian orang pilih melakukan bisnis ternak atau budidaya Ayam Arab ini.

Tidak hanya dikenal sebagai ayam petelur, Ayam Arab bisa juga menjadi penghasil daging yang lumayan baik, DOC jantan yang dijaga sekitaran 2-3 bulan dengan diberi pakan ayam yang baik berat tubuhnya dapat mencapai di antara 4-5ons. Warna kulit ayam arab berwarna kehitaman, dan dagingnya lebih tipis bila dibanding dengan ayam kampung hingga daging ayam arab ini memiliki ciri khas tersendirinya.

Ketahui Langkah Mengenali Ayam Arab Petelur Asli

Dalam mengetahui Ayam Arab dapat disaksikan dari warna bulunya. Berdasar jenis bulunya, Ayam Arab dibedakan jadi dua yakni type silver (warna putih mengkilap atau biasa disebutkan perak) serta jenis gold (merah).

Ayam Arab jenis silver mempunyai bulu selama leher yang berwarna putih mengkilap, bulu punggungnya berwarna putih dengan bintik hitam, bulu sayap hitam bergaris putih dan bulu ekor hitam bersatu putih. Serta untuk jenggernya kecil berwarna merah dan mata hitam yang dilingkari warna kuning.

Yang menjadikan ciri lain dari ayam ini ialah saat berusia 1 minggu pejantan telah mulai berkembang jengger. Induk betina Ayam Arab tidak mempunyai karakter mengeram dengan umur produktif sampai usia 1,5 tahun. Lewat cara pengendalian yang baik, karena itu Ayam Arab dapat dipupuk untuk jadikan sumber pendapatan yang memberikan keuntungan.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Arab

Mengenal Perbedaan Ayam Arab Jantan dengan Ayam Arab Betina ?

Ayam arab Jantan serta ayam arab betina mempunyai rupa dan bentuk badan yang hampir serupa. Bedanya cuma ada pada jengger dari ke-2 ayam itu. Ayam arab jantan mempunyai jengger yang panajng dan bergerigi. Jengger ayam arab ini akam mulai berkembang saat masuk usia 1 minggu. Tinggi ayam arab jantan bisa sampai 35 cm, mempunyai berat sekitaran 1,5 – 2 kg. Ayam arab jantan mempunyai bulu yang lebih tebal, badannya tegak dan ekornya menjulang keatas. Sisik pada kaki ayam arab berwarna gelap. Bulu yang ada di sekitar leher berwarna putih kekuning – kuningan serta putih kehitaman. Ayam arab jantan diketahui mempunyai tingkat seksualitas yang tinggi, karakter ayam jantan ini lebih lincah, gesit serta bernafsu makan tinggi.

Bila anda adalah seorang yang hobi ayam dan juga sedang dalam tahap belajar ternak ayam serta ingin menternak ayam arab ini. Maka anda harus mengetahui hal seperti berikut ini ya gan..

Pakan Ayam

Pakan adalah hal yang penting dalam beternak Ayam jenis apapun. Ayam arab akan membuahkan telur dengan kualitas baik jika diberi pakan yang baik serta memiliki nutrisi juga. Sebab pakan akan memengaruhi kelancaran ayam dalam bertelur. Oleh karenanya, harus di ingat kualitas serta jumlahnya pakannya. Jika dalam pemberian pakan tidak terpenuhi, tentunya akan menurunkan kualitas produksi telurnya gan.

Baca juga artikel Pakan Ayam Berkualitas Untuk Ayam Jawara

Dalam satu hari, ayam dapat diberi pakan sekitar 2x yakni saat pagi hari serta siang hari. Untuk semasing ayam dapat diberi paling tidak 80 sampai 90 gr dalam satu hari. Diluar itu, type pakan yang akan diberi untuk ayam arab petelur ini harus dilihat. Untuk pakan ayam yang diberi dengan intens ialah mempunyai kandungan protein sebesar 16 sampai 18 persen.

Apa Saja Jenis Pakan Yang Baik Untuk Ayam Arab Petelur ?

Jika asupan gizi sudah tercukupi, karena itu ayam ini akan bertelur dengan terus-terusan. Telur ayam arab yang berkualitas bagus ialah mempunyai kulit atau cangkang yang tebal serta keras. Sedang untuk telur ayam arab yang mempunyai kualitas kurang bagus ialah mempunyai cangkang atau kulit tipis serta gampang pecah ini umumnya karena pakan yang diberi tidak mempunyai jumlahnya protein yang diperlukan ayam arab.

Pakan ayam arab ada dua jenis yakni pakan organik, yang terbuat dari beberapa bahan sayuran serta umbi-umbian dan pakan produksi pabrik yang berupa seperti dedak atau voer. Umumnya beberapa sobat entrepreneur peternakan ayam arab memilih pakan pabrik karena lebih praktis serta sudah teruji nutrisinya yang dapat mencukupi kebutuhan ayam.

Memilih Bibit DOC Ayam Arab Yang Berkualitas

Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Arab

Dalam memulai budidaya ayam arab, peternak harus mengertahu seperti mana penetapan anak ayam arab yang baik. Karena dengan tahu hal tersebut dapat merubah kualitas serta hasil yang akan didapatkan oleh peternak. Untuk tahu anak ayam arab yang baik itu poin – pointnya :

  • Pilih calon Anak ayam arab yang aktif bergerak.
  • DOC ayam arab dalam keadan sehat, tidak sakit dan tidak cacat.
  • Tidak ada kotoran ayam yang menempel pada bulu sekitaran anus.
  • Memiliki mata yang tajam dan hidung yang bersih.
  • Bulu DOC ayam arab tidak kusam, sehat dan mengkilap.

Kandang Ayam

Dalam pengerjaan kandang ayam arab diupayakan tempatnya menghadap mengarah barat atau timur. Ini bertujuan supaya sirkulasi udara dalam kandang baik serta ayam mendapatkan sinar matahari. Sebab sinar matahari mempunyai faedah membuat perlindungan ayam dari virus atau bakteri yang berkembang pada kotoran ayam. Dengan kandang yang bersih maka mmenghasilkan telur yang berkualitas juga.

Nah inilah akhir dari artikel info ayam tentang ayam arab, dari peduliayam.com.. terima kasih sudah membaca artikel botohnakal kali ini.. Semoga artikel ini terbit dengan informasi yang lebih akurat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Ayam

ads promo bolavita
To Top