Connect with us

8 Jenis Vaksin Ayam Aduan Serta Cara Pemberian Vaksin

8 Jenis Vaksin Ayam Aduan Serta Cara Pemberian Vaksin

Perawatan Ayam

8 Jenis Vaksin Ayam Aduan Serta Cara Pemberian Vaksin

8 Jenis Vaksin Ayam Aduan Serta Cara Pemberian Vaksin

Dalam beberapa artikel lalu, peduli ayam pernah menerbitkan artikel mengenai beberapa penyakit berbahaya pada ayam aduan. Dalam kesempatan kali ini kita akan memberi satu informasi yang terkait dengan ayam aduan. Yang pasti ini merupakan salah satu hal yang penting untuk kita tahu bersama dengan dalam menternak atau memelihara ayam aduan.

Dalam membudidaya atau pelihara ayam ada beberapa hal yang bisa memengaruhi kesuksesan anda pada menternak ayam itu. Kualitas dari seekor ayam aduan pasti jadi satu diantara modal paling penting dalam lakoni satu pertandingan di gelanggang. Tidak hanya latihan serta perawatan yang intens, pemberian vaksin jadi satu diantara hal yang sangat penting dalam pelihara ayam aduan.

Baca juga : Beberapa jenis Penyakit Ayam Berbahaya Serta TIps Pengobatannya

Ayam aduan umumnya diberikan vaksin dengan teratur, yakni tiap 6 bulan sekali. Lain jika ayam aduan masih terbilang muda, semestinya berikan vaksin tersebut dengan periode waktu 1 tahun 3 kali vaksin. Karena masih terbilang muda, ayam masih rawan terkena penyakit bakteri atau virus. Vaksin ayam aduan umumnya terdapat beberapa jenis, seperti vaksin mata, vaksin mulut, vaksin suntik, dan lain sebagainya.

8 Tipe Vaksin Ayam Dan Langkah Pemberian Vaksin Yang Tepat

8 Jenis Vaksin Ayam Aduan Serta Cara Pemberian Vaksin

1. Vaksin Tetes Mata ( Intra-ocular )

Pemberian vaksin tetes mata ditangani melalui panduan meneteskan vaksin ke mata ayam. Selain itu kita dapat memberikan tambahan pelarut ke vaksin untuk mempermudah pemberian vaksin pada mata ayam laga tersebut.

2. Vaksin Pakan ( Feeding )

Vaksin pakan bisa dikerjakan dengan mencampurkan vaksin ayam ke pakan ayam dan cara barusan biasanya digunakan untuk memberi vaksin cocci pada ayam. Pakan yang dipakai turut semestinya bebas dari preparat anti cocci ( sulfaquinoxaline, amprolium ). Langkah pemberian vaksin itu terbilang mudah, kita hanya perlu mencampurkan vaksin pakan dengan pakan biasa anda berikan kepada Ayam aduan.

3. Vaksin Bawah Kulit Ayam

Vaksinasi suntik bawah kulit biasanya dilakukan lewat cara menyuntikan vaksin di bawah kulit ayam dan biasanya dibagian leher ayam dan pelaksanannya hampir serupa dengan vaksinasi suntik daging.

4. Vaksin Lewat Daging

Vaksin dengan menyuntikan daging ayam dengan cara langsung yang umumnya dibagian dada serta paha ayam aduan dan ayam ternak. Vaksin yang disuntikkan umumnya dikerjakan pada ayam yang masih hidup dan dalam kondisi sehat dengan perlengkapan yang steril tentunya.

5. Vaksin Melalui Mulut ( Intraoral )

Pada pemberian vaksin mulut, vaksin diserahkan kepada ayam aduan dengan cara dicekokan, walau langkah pemberian vaksinasi ini sama dengan langkah vaksin melalui air minum tetapi pemberian vaksin melalui mulut ayam aduan.

6. Vaksin dengan Penyemprotan ( Spray )

Vaksinasi lewat cara penyemprotan sering dikerjakan beberapa peternak ayam untuk memberikan vaksin pada Ayam bangkok DOC. Sebelum ayam itu dimasukan ke kandang pemanas, alat semprot yang digunakan harus sudah terpasang sampai box ayam bisa langsung dimasukan ke kotak sprayer.

7. Vaksin AI

Vaksin Ai cukup popular serta banyak dipakai semenjak wabah dan bahaya dari penyakit flu burung yang bisa berlangsung pada beberapa jenis unggas. Vaksinasi AI yang seringkali dipakai pada ayam serta unggas ternak yang lain ialah tipe vaksin AI H5N1.

8. Vaksin ND

Vaksin Ai yang diterangkan di atas buat ayam laga umumnya akan dikombinasikan dengan vaksin ND dalam sediaan vaksin gabungan ND – AL. Vaksin Gabungan itu dipakai saat awal anakan ayam menetas. Vaksin ND tentu saja adalah jenis vaksin yang diberi pada ayam aduan untuk mencegah berlangsungnya satu diantara penyakit paling popular serta mencegah ayam terjangkit penyakit pada ayam yaitu penyakit newcastle disesase atau dipersingkat dengan ND.

Nah itulah 8 jenis vaksin yang setiap tahunnya wajib di berikan kepada ayam aduan kesayangan anda bila ingin aman dari beberapa penyakit mengerikan. Demikian juga artikel perawatan ayam dari peduliayam.com.

Continue Reading
Advertisement  http://159.89.197.59/
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 4 Penyebab Dan Cara Mengatasi Ayam Aduan Kehilangan Nafsu Makan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Perawatan Ayam

ads promo bolavita
To Top