Connect with us

Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

Info Ayam Hias

Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

INFOAYAMHIAS-PEDULIAYAM

Ayam phoenix adalah satu diantara banyak jenis ayam hias yang masih tergolong langka di negara kita indonesia. Hal itu karena belum banyak peternak yang mencoba budidaya ayam jenis ini. Ayam yang datang dari jerman ini termasuk juga ayam yang produktif. Ekor Ayam hias ini sangat serupa dengan ayam onagadori yang berasal dari jepang, yang membuat berbeda adalah ekor ayam phoenix ini lebih pendek serta lebih lurus.

Bila kita melihat dari postur tubuhnya serta bulu ekornya yang panjang, ayam ini sangatlah menarik perhatian mata. Ayam Phoenix cukup unik serta bagus. Banyak masyarakat yang belum tahu mengenai Ayam Phoenix. Tapi untuk di luar negeri ayam ini sangatlah popular. Dibawah ini kami hadirkan beberapa ciri khas yang terdapat di ayam phoenix.

Ciri Khas Ayam Phoenix Yang Dikenal Sebagai Ayam Hias

Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

  • Memiliki jengger tunggal dan gerigi 5 yang berwarna merah cerah.
  • Berat tubuh pejantan sekitaran 2.5kg serta betina sekitaran 1.8kg.
  • Kulit tubuh yang berwarna kuning.
  • Memiliki telinga yang berwarna putih.
  • Mempunyai bulu dengan beberapa jenis warna.
  • Ekor yang panjang serta lurus kebawah.

Sejarah Pendek Ayam Phoenix

Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

Menurut beberapa sumber, negera jerman merupakan tempat di mana ayam jenis ini dikembangkan. Ayam ini adalah satu diantara jenis ayam dari hasil kawin silang di antara ayam onagadori jepang dengan ayam jenis lainnya yang tidak di sebutkan jenisnya. jadi otomatis, ayam ini memiliki garis keturunan dari ayam onagadori yang populer dengan ekor naganya.

Bermula dari sana, ayam jenis ini dibawa masuk ke benua amerika oleh salah seorang penghobi ayam hias serta aduan pada tahun 1924. Pada tahun 1965 ayam jenis phoenix silver dibawa ke amerika serta untuk jenis gold phoenix masuk di tahun 1983.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara Ayam Phoenix

Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

Ayam hias jenis ini termasuk dalam unggas yang aktif bergerak, tentu dengan hal tersebut ayam akan membutuhkan asupan protein yang tinggi dalam mendukung aktivitasnya. Jenis pakan yang biasa diberikan memang hampir sama dengan tipe ayam yang lainnya. Namun harus memberikan pakan yang mengandung banyak gizi seperti jagung atau beras merah, dll.

Pola pemberian pakan juga harus dibedakan sesuai dengan umur ayam tersebut. Berikut ini adalah pola pemberian pakan pada ayam menurut umur ayam.

  • DOC dari usia dari 2 minggu hingga 3 bulan, bisa kita berikan pakan katul atau jagung giling.
  • Untuk ayam yang sudah berusia 3 bulan hingga 6 bulanan, kita bisa berikan pakan yang lebih berkualitas seperti beras merah, ulat hongkong, ataupun jangkrik.
  • Pakan yang diberikan harus berlanjut, dan pemberiannya pun harus tepat waktu. Dikarenakan pemberian pakan yang telat tentu ayam akan mengalami stress, dan tidak mau makan. Anda juga bisa memberikan pakan ayam secara selingan, yang bertujuan agar ayam tidak bosan dengan pakan yang setiap hari anda berikan.

Perawatan Penting Untuk Memelihara Ayam Phoenix

Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

Untuk masalah perawatan pada ayam hias ini, beberapa hal butuh kita perhatikan, bila awalnya telah kami bahas sisi makanannya, dibawah ini ialah beberapa penjelasan yang butuh anda ketahui dalam melakukan perawatan unggas hias satu ini.

Minuman

Untuk kepentingan minum pada unggas hias ini dikasihkan dengan terus-terusan, minuman itu berupa air bersih dan harus diganti setiap hari, bukan sekedar dikasihkan minum secara teratur. Pemberian vitamin berupa vitamin C dan vitamin B kompleks bertindak jadi mengamati jaga situasi badan ayam phoenix agar masih prima. Pemberian vitamin itu dapat dicampurkan ke wadahnya.

Ukuran Kandang Ayam Serta Designnya

Kandang merupakan hal yang demikian penting buat semua hewan. Kandang dapat melakukan tindakan untuk tempat berteduh, beristirahat dan membuat perlindungan dari musuh. Untuk ayam phoenix sebetulnya tidak ada ketidaksamaan yang banyak pada kandang ayam phoenix dengan kandang ayam hias lainnya.

Tetapi kelebihan dari ayam phoenix ini yang mempunyai ekor panjang membuat kita butuh mendesainkan kandang yang lumayan tinggi di lengkapi dengan tangkringan tempat untuk ayam itu memajang ekornya. Selain itu ayam phoenix sebetulnya senang jika kandang dibuat seperti kandang umbaran, agar dapat berjalan bebas.

Kebersihan Pada Kandang Ayam

Untuk masalah kebersihan ruangan kandang ialah tentang yang demikian penting karena dari kebersihan tersebut yang akan membuat ayam tetap sehat. Kandang ayam yang bersih akan jadikan ayam lebih aman dari beberapa penyakit. Dalam membersihkan kandang dapat ditangani secara teratur baik pagi atau sore. Termasuk juga tempat minum dan juga tempat pakannya.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Ayam Hias Cemani, Ayam Berbau Mistis Dari Jawa Tengah - PeduliAyam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Ayam Hias

ads promo bolavita
To Top