Connect with us

Ayam Poland Ayam Hias Unik Yang Berjambul

Telur dadar lapchiong + nasi

Info Ayam Hias

Ayam Poland Ayam Hias Unik Yang Berjambul

INFOAYAMHIAS-PEDULIAYAM

Dari namanya, ayam unik ini bukan ayam yang berasal dari negara polandia, namun ayam tersebut adalah ayam yang berasal dari negara belanda. Ayam ini memiliki bentuk yang serupa dengan ayam hias pada umumnya, tetapi ada sesuatu yang unik yang terdapat sisi kepala ayam hias ini. yupz.. itu merupakan bulu jambul yang diketahui menjadi mahkota kepala ayam itu. Untuk mengenal lebih dekat dengan ayam hias ini, mari kita ikuti terus artikel info ayam hias peduliayam ini gan..

Sejarah Panjang Ayam hias Poland

Ayam Poland Ayam Hias Unik Yang Berjambul

Dalam sebuah literatur pada awal masa ke enam belas, Ayam Polandia berkembang biak secara baik. Kemungkinanan Ayam Polandia berkembang biak mulai dari Eropa Timur, akan tetapi masih belum terdapat data yang jelas soal asal mula ayam poland ini.

Terdapat ketidaksamaan riwayat pada saat ayam poland dibawa dari Asia dengan yang dibawa oleh Mongol dari Rusia selatan. Mereka lalu dibawa ke Polandia dan tetap dikembangkan di daerah perdesaan. Oleh Bangsawan, ayam poland didistribusikan ke Eropa Barat lalu oleh orang Jerman yang tinggal dan kerja di Polandia, Jerman, Belanda, Inggris dan kota Padua, Italia.

Breed standardisasi dilakukan di Belanda, Inggris dan Jerman dan perubahan nama berlangsung pada tahun 1869 di Jerman, Dresden pada konvensi unggas peternak untuk Paduaner ( Polandia Padewski ). Waktu itu Polandia telah dipartisi oleh perang dan hilang dari peta. Peternak Ayam Poland masih bertahan serta nama dirubah kembali menjadi Padewski.

Dari beberapa informasi yang kita dapatkan, hal ini turut perlihatkan bila jenis ini mungkin diantaranya yang paling tua yang ada hingga sekarang ini. Pada masa keemasan dimulai waktu dikembangkan oleh peternak Eropa dan Inggris sejak tahun pertengahan 1800-an. Ayam Polandia ini tampil di acara unggas pertama di London pada 1845 setelah dibawa ke Inggris oleh seorang ahli unggas John Bailey dari Belanda pada tahun 1835.

3 Jenis Ayam Hias Poland Di Dunia

Telur dadar lapchiong + nasi

Bukan hanya satu jenis, namun ayam poland terdapat beberapa jenis di dunia.. Berikut adalah jenis – jenis ayam hias poland yang terdapat di dunia.

  • Ayam Poland Three Colour

    Ayam poland three colour atau ayam poland tiga warna adalah salah satu jenis ayam poland yang memiliki bermacam jenis warna. Warna bulu poland three colour yaitu seperti hitam bercampur cokelat, putih atau abu-abu, kuning dan gabungan jenis warna yang lain. Jenis ayam Poland ini berbeda dengan poland yang lainnya dikarenakan pada jambulnya memiliki warna yang beberapa jenis. Seperti hitam, kuning, cokelat dan lain sebagainya. Ayam poland ini lah yang banyak diminati oleh para penggemar ayam hias di indonesia.

  • Ayam Poland Bertanduk

    Ayam poland bertanduk adalah jenis ayam poland yang seperti biasanya, namun yang membedakan ada pada jenggernya yaitu mirip seperti tanduk. Dibandingkan dengan jenis ayam poland yang lainnya, ayam ini lebih indah dipandang karena terdapat tanduk kecil di kepalanya.

  • Ayam Poland Galur Murni

    Ayam poland galur murni adalah jenis lain ayam poland yang memiliki warna tunggal seperti abu-abu atau hitam dan jambulnya berwarna putih. Untuk jenis ketiga ini memang muncul dengan satu warna saja pada dasarnya, hal tersebut dikarekan masih belum terdapat campuran dengan jenis ayam hias poland yang lainnya.

Ayam Poland Ayam Hias Unik Yang Berjambul

Masalah Perawatan Ayam Hias Poland

Dalam merawat ayam Jambul ini memang memerlukan keuletan dan ketekunan, terpenting adalah mengamati kebersihan kandang dan masalah pakan yang terpenuhi. Hal yang perlu anda perhatikan dalam memelihara ayam hias jenis ini yaitu tidak boleh menggabungkan ayam jenis ini dengan jenis apapun dalam satu kandang.

Selain itu, jangan biarkan ayam ini berkeliaraan di luar kandang, agar jambulnya tetap dalam keadaan kering dan bersih. Sewaktu memberikan pakan dan minumnya pada tempat pakannya, usahakan agar jambul ayam tidak mengenai pakan tersebut. Sebab, bukan sekedar bisa membuat kotor, kotoran yang menempel pada bulu–bulu jambulnya bisa mengundang bakteri, jamur, atau seperti kutu dan tungau.

Karena bila hama kutu sudah mengindap pada jambulnya. Dikhawatirkan kutu tersebut akan merambat sampai ke lubang telinga, lubang hidung, bahkan pada mata ayam. Selain itu, debu / kotoran yang menempal pada jambul dapat menyebabkan penyakit pada mata. Jadi, bila ingin memeliharanya, Anda harus rajin mengecek serta membersihkan area jambulnya. Bila terdapat kutu pada ayam poland anda.. maka anda bisa membaca artikel kami yang berjudul, 6 Tips Basmi Hama Kutu Pada Ayam Kesayangan

Okeh, ini adalah akhir dari artikel info ayam hias kali ini.. Terima kasih sudah membacanya.. menurut agan, apakah artikel ini bermanfaat ? Iya atau tidak silahkan koment dibawah gan : )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Ayam Hias

Advertisement banner ads ads taruhanslot.fun banner pakan ayam banner bv

Trending

ads promo bolavita
To Top