Connect with us

Selangkah Lebih Dekat Dengan Ayam Batik Hias

Selangkah Lebih Dekat Dengan Ayam Batik Hias

Info Ayam Hias

Selangkah Lebih Dekat Dengan Ayam Batik Hias

INFOAYAMHIAS-PEDULIAYAM

Ayam hias batik ( sebright ) adalah satu diantara berbagai jenis ayam hias yang berbulu corak batik. Ayam hias ini terbagi menjadi 2 tipe warna bulu yang bercorak batik yakni ayam batik italia yang disebut juga memiliki corak bulu yang mirip motif kain batik italia. Umumnya bulu berwarna kombinasi putih dan hitam. Serta ayam batik kanada yang dikenal juga dengan bulu yang memiliki warna bulu hitam keemasan. Serta batik yang mirip motif ayam batik italia.

Riwayat Singkat Ayam Batik Hias

Ayam batik mulai ditingkatkan oleh sir john saunders sebright pada era ke 19 lewat perkembangbiakkan selektif yang direncanakan demikian rupa untuk memperoleh ayam hias. Awalannya ayam batik ini memiliki fansbase atau club fans tertentu yang bernama bantam breeds. Walau waktu itu sedang populer, seringkali sekali ada kesukaran untuk memperkembangbiakkan. Warisan yang diberi tersebut berbentuk warna tersendiri yang memiliki krakteristik unik, hingga harus dipelajari melalui pengetahuan ilmiah.

Ayam batik juga sekarang ini sudah ada di indonesia, mereka dimaksud dengan ayam hias yang begitu sama dengan ayam kate hias, dan membuahkan telur kecil yang berwarna putih, serta ditingkatkan bukan mempunyai tujuan untuk ayam pedaging tetapi ayam hias atau untuk ikuti pemeran ( kontes ).

Ciri – Ciri Ayam Batik Italia

  • Memiliki bulu yang bercorak seperti batik
  • Memiliki ukuran yang tidaklah terlalu besar seperti ayam kate.
  • Memiliki berat tubuh kira-kira 600gr untuk jantannya serta rata – rata 500gr untuk betinanya.
  • Lincah serta gesit.

Ciri – Ciri Ayam Batik Kanada

  • Corak bulu yang mirip ayam batik italia.
  • Ukuran yang sama seperti ayam batik italia
  • Memiliki berat tubuh 550 – 600gr untuk pejantannya, serta 450 – 500gr untuk betinanya.
  • Dapat menghasilkan 8 – 14 butir telur perminggunya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memelihara Ayam Batik

Selangkah Lebih Dekat Dengan Ayam Batik Hias

Menyiapkan Kandang

Sebelum Anda membuat kandang seharusnya lihat beberapa hal sebagai berikut, pilih tempat kandang yang kering dan tidak lembab, kandang tidak mudah tergenangi air, kandang tidak menyatu dengan rumah ( sekitar 10 mtr. dari rumah ), kandang diusahakan dalam situasi bersih, dan harus mempunyai ventilasi untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Jika Anda ingin membuat kandang ayam semestinya menggunakan pola semi intensif, yaitu kandang dibuat besar sampai ayam bisa bebas berkeliaran dan untuk jauhi kelumpuhan ayam. Kandang yang baik seharusnya berisi ayam batik dengan perbandingan 1:10 yaitu 1 ayam batik jantan dengan 10 ayam betina. Anda bisa menggunakan perbandingan 1:5 atau 1:6 jika anda ingin memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Kebersihan Kandang Ayam Batik

Telur akan menetas jika telah mencapai 21 hari. Setelah itu anak ayam yang baru saja menetas dimasukkan ke box pemanas yang telah diberi sinar lampu 40 watt. Setelah ayam berumur 2 minggu sinar lampu bisa Anda turunkan jadi 20 watt. Pakan yang bisa Anda berikan adalah voer atau BR1 yang bisa dikasihkan seputar 3 kali pada sebuah hari. Dapat Anda selingi dengan memberikan potongan sayur seperti daun kangkung, daun kol serta buah buahan yang dapat digunakan untuk memperhatikan kesehatan ayam.

Dalam bersihkan kandang ayam dan tempat pakan dan minum seharusnya ditukar sehari-harinya. Hal ini berguna untuk memperhatikan kesehatan ayam dan memperhatikan keindahan serta kecerahan bulu ayam. Karena yang menarik dari type ayam hias batik ini adalah keindahan bulunya.

Perkawinan Ayam Hias Batik

Jika Anda ingin memilih ayam untuk dijadikan indukan, Anda bisa pilih Ayam Batik yang mempunyai corak batik yang cerah dan indah, motif garis yang relatif sama ukurannya, postur tubuh yang baik, dan tubuh ayam tidak begitu tegak. Untuk ayam batik jantan seharusnya janganlah pilih ayam yang mempunyai bulu leher seperti ayam jago, ekor melengkung ke atas seperti ayam kipas. Ayam jantan memiliki jengger yang jadi pembeda pada ayam jantan dan betina.

Anda bisa mengerami telur dengan memakai mesin penetas telur serta untuk membesarkan anakannya dengan memakai box pemanas automatis. Hingga ayam betina siap untuk dikawinkan sesudah 2 minggu sesudah ayam selesai melalui proses bertelurnya.

Pengendalian Penyakit

Umumnya ayam memperoleh penyakit dari virus ataupun bakteri karena unsur kandang yang kotor. Kotoran dan bekas – bekas makanan bekas ayam yang berjatuhan hingga jadi tempat yang disenangi oleh virus serta bakteri. Hal yang dapat dilakukan dalam menahan hal itu dengan teratur bersihkan kandang serta teratur lakukan vaksin pada anakkan ayam semenjak ayam berusia kira-kira 4 hari. Masuk usia 2 bulanan, badan ayam pasti lebih kuat dan bisa dilepaskan. Pendapat kami ialah vaksin diberi semenjak awal supaya ayam terlepas dari penyakit yang sangat mematikan yakni penyakit tetelo.

Selangkah Lebih Dekat Dengan Ayam Batik Hias

Pakan Ayam Hias Batik

Ayam batik hias ialah salah satu jenis ayam yang gampang dalam pakannya. Pakan ayam batik sama dengan tipe ayam kampung yang lain. Anda bisa memakai BR atau Voer. Pakan itu bisa Anda temukan di toko pakan paling dekat serta harganya juga tidaklah terlalu mahal.

Nah itulah sedikit artikel yang berjudul Selangkah Lebih Dekat Dengan Ayam Batik Hias, terima kasih sudah mengunjungi artikel peduliayam hari ini.. jangan lupa senyum hari ini gan : )

Continue Reading
Advertisement  http://159.89.197.59/
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Info Ayam Hias Kapas Yang Lucu Serta Menggemaskan - PeduliAyam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Ayam Hias

Advertisement banner ads ads taruhanslot.fun banner pakan ayam banner bv

Trending

ads promo bolavita
To Top