Connect with us

Rahasia! Cara Mudah Agar Ayam Bertelur Lebih Banyak

Tips Ayam

Rahasia! Cara Mudah Agar Ayam Bertelur Lebih Banyak

Anda tentu miliki hoby bukan sahabat peduliayam? nah bila anda senang atau suka hoby yang satu ini, jangan terlewat untuk membaca artikel kami yang satu ini. Dipastikan anda akan memperoleh pengalaman baru dari setiap apakah yang anda baca. Atau anda kurang tertarik dengan hoby itu. Dapatkan pilihan artikel lainnya di website peduliayam ini. Ikuti terus serta jangan pernah ketinggalan ya!

Setiap peternak pasti inginkan ayam yang diternak dapat berkembang biak jadi banyak dan sehat-sehat tentu saja. Namun, tidak banyak orang dapat mencapainya. Oleh karena itu, di artikel ini akan kami tutur rahasia langkah beternak agar induk ayam cepat bertelur yang banyak dan baik kualitasnya.

Rahasia! Cara Mudah Agar Ayam Bertelur Lebih Banyak

Memilih Indukan Yang Berkualitas Tinggi

  1. Pilih indukan ayam yang berkualitas, bisa dijumpai dari bentuk tubuhnya yang makin besar dan beratnya lebih berat dari ayam yang lain seumurannya. Dari kondisi bulu-bulunya harus bagus juga, kelihatan klimis atau mengkilap dan tidak rontok.
  2. Nutrisi pakan juga harus diperhatikan, langkah memberi pakan turut tidak dapat asal-asalan ataulah bukan asal banyak tapi kelezatan dan gizinya harus imbang. Perumpamaannya, pakan ayam pabrikan seputar 100gr bisa dikombinasi dengan bekatul 200gr ditambah nasi atau aking sekitaran 100gr  dikombinasi dan diaduk rata sekaligus dikasih air sedikit.
  3. Induk ayam yang akan bertelur juga harus dikasaih minuman dari suplemen istimewa, harga nya dipasaran hanya Rp 1.000 bisa digunakan seputar 7 liter air untuk 1 sachetnya. Lalu taruh ke tempat yang sering akses oleh indukan ayam.
  4. Tempat untuk indukan bertelur harus ditata demikian rupa untuk memberi kenyamanan serta keamanan yang cocok, supaya ayam tidak terganggu oleh ayam lainnya.
  5. Nah, ini adalah tehnik rahasia yang sering sukses dijalankan oleh beberapa peternak yaitu merekayasa siklus bertelur dari ayam tersebut. Misalnya Anda mempunyai 3 indukan ayam betina yang sudah siap kawin. Kawinkan ketiganya dengan bersamaan dengan satu ayam jantan. Biarkanlah bertelur dengan alamiah hingga menetas, jika semasing sudah menetas, tentukan diantaranya induk untuk diambil anaknya untuk dikandangkan. Perumpamaannya Anda punya ayam A, ayam B, ayam C. Ke-3 ayam Anda bertelur semua, menetasnya kebetulan bersamaan. Lalu dari ke-3 induk itu, ambil anaknya dari satu induk dulu, missal ayam A, anaknya kandangkan, tapi untuk induk yang lain biarkanlah dengan anaknya dulu. Baru setelah lumayan besar anak ayam dari induk A, gentian anak ayam dari induk B dan C untuk dikandangi, demikian siklusnya.

Lalu apa faedah dari mengaplikasikan siklus seperti tersebut ? Diantaranya ialah untuk menghindari kelahiran yang tidak normal pada semasing induk. Lalu, cara tersebut dapat menghindari anak ayam dari serangan penyakit yang penyebarannya sangat cepat sekali. Bila hal diatas telah diaplikasikan, karena itu hasil dengan jumlah serta kualitas anak ayam yang diternak bisa menjadi lebih baik dari indukan yang tidak diperlakukan seperti diatas.

Nah inilah akhir dari ini gan.. Bagaimana dengan artikel kali ini? apakah menarik serta penuh informasi? berikan komentar anda dibawah ya gan..

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips Ayam

ads promo bolavita
To Top